Farewell

Malam-malam yang gelisah itu datang lagi. Subuh-subuh yang membuat kami terbangun dengan harus menerima kehendak-Nya. Rasa sesak dan rindu di setiap sujud, tiap kami mengingat keberadaan mereka yang telah tiada.

Masih ingat Get Well Soon :’) ? Ya, tentang kakek (dari mamak) dan nenek (dari ayah) yang sedang sakit. Kini mereka telah sembuh dengan sempurna, tanpa perlu merasakan sakit lagi sedikitpun.😉

Ada yang bilang, salah satu cara mengurangi kesedihan atas kepulangan orang-orang tersayang ke pangkuan-Nya adalah dengan bercerita tentang orang tersebut. Tapi kali ini aku sungguh kehabisan kata-kata. Cerita tentang mereka terhalang sesak. Jari-jariku terhenti dan mulut menjadi kelu. Maka kenangan-kenangan tentang mereka masih tetap saja berputar. Yang sekarang ingin ku tulis, adalah tentang mamak dan ayah.

Jumat, 8 Maret 2013 kakek meninggal dunia.
Malam itu mamak menjerit menahan sakit kehilangan kakek, begitu yang ku dengar dari abang di kampung sana. Tapi yang ku tahu semenjak itu, mamak bertambah tegarnya. Sabar menghadapi keluh-kesahku tentang skripsi. Tak pernah bosan mengajarkanku untuk terus bersyukur. Entah dari mana kekuatan dalam diri mamak.

Kamis, 16 Mei 2013 nenek meninggal dunia.
Ya, baru beberapa hari berlalu. Masih agak aneh setiap ngobrol sama ayah. Tak ada tawa seperti biasanya. Omongan ayah ngaco. Ayah yang biasanya bilang akan datang di wisudaku nanti, malah bilang mudah-mudahan bisa datang karena ke depannya tak ada yang tahu pasti. Seperti anak kecil, ayah makannya sedikit dan demam pun tak terhindarkan lagi oleh tubuh besarnya. Maka seperti seorang ibu, aku pula yang mengomeli ayah, bilang ayah makan yang banyak dan jangan mikir kerjaan dulu.

Lalu aku? Apa karena di kedua perpisahan itu aku tak bisa hadir atau memang aku yang masih terlalu bocah untuk mengerti arti sebuah perpisahan oleh kematian, aku pun tak tahu. Aku hanya takut. Aku takut ketika pulang nanti, yang biasanya ku kunjungi, kupijit kedua kaki keriputnya, dan yang sangat ku sayang, tak bisa lagi ku temui. Aku masih tak bisa membayangkannya. Entah bagaimana nantinya.

Bye grandpa, bye grandma. Keep your health, Mommy, and keep strong, Daddy… :’)

Leave a Reply

