Teori Komunikasi

Ini bab pertama dalam mata kuliah ‘Teknik Komunikasi dan Bermasyarakat’. Ternyata setelah membaca Satuan Acara Perkuliahannya, isinya persis dengan mata kuliah Pengantar Sosiologi semester dua dulu. Kecuali bab satu ini. Aku akan me-review sedikit materi dari bu Dewi.

● Komunikasi
Berasal dari kata “common”  yang artinya bersama-sama. —Secara estimologi, communication dari bahasa latin yang artinya adalah pertukaran atau pemberitahuan. Adapun bebrapa definisi komunikasi:

Komunikasi adalah suatu proses dimana sumber mentransmisikan  pesan kepada penerima melalui beragam saluran (Sarah T dan Arthur Jensen).
—Komunikasi adalah suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi antara satu sama lain, yang pada gilirannya terjadi pengertian yang saling mendalam (Everett M Roger & Lawrence Kincaid).
Komunikasi adalah proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keahlian dan lain-lain melalui penggunaan symbol seperti: kata-kata, gambar-gambar, angka-angka, dan lain-lain (Berelson & Steiner).
Komunikasi adalah prosedur melalui mana pikiran seseorang dapat mempengaruhi pikiran orang lain (Weaver).

● —Tujuan Ilmu Komunikasi
—Objek studi komunikasi selain penyampaian informasi, juga pembentukan pendapat umum (public opinion) dan sikap publik (public attitude)
—● —Tujuan Komunikasi
—Perubahan sikap (attitude change) bisa positif/negatif
—Perubahan pendapat (opinion change)
—Perubahan perilaku (behavior change)
Perubahan sosial (social change)
● —Unsur/Elemen Komunikasi
Orang = komunikator adalah sebagai sender dan komunikan sebagai receiver
Pesan (messages)
—Channel
—Noise
—Context/setting (waktu, tempat, peristiwa)
—Feedback
—Effect (kognitive, attitude, behaviour)
● —Model Komunikasi
Komunikasi sebagai tindakan satu arah
Komunikasi sebagai interaksi
——Komunikasi sebagai transaksi
● —Asas-asas Komunikasi
—Goffrey Mills dan Oliver Standingford mengemukakan 4 asas komunikasi:
1.  Komunikasi berlangsung antara pemikiran seseorang dengan orang lain.
2.  Orang bisa mengerti sesuatu dengan menghubungkannya pada sesuatu hal lain yang telah dimengerti.
3.  Orang yang melakukan komunikasi berkewajiban membuat dirinya dimengerti.
4.  Orang yang tidak mengerti dalam menerima warta berkewajiban untuk meminta penjelasan.
—Asas komunikasi yang disampaikan oleh Gaffrey Mills tertulis:
1. Asas kejelasan : dalam komunikasi tulisan, bahasa, ataupun kalimat yang jelas sangat mendukung tercapainya tujuan komunikasi yang efektif.
2. Asas keringkasan : Tulisan tidak perlu berlebihan dalam ungkapan, tidak mengulang kalimat yang telah dituliskan, tidak berputar-putar dalam proses penyampaian warta. William Strunk mengatakan, “Hapuskan kata-kata yang tidak perlu”.
3. Asas ketepatan : Tulisan dapat menyampaikan ide-ide dengan kecocokan sepenuhnya seperti yang dimaksud oleh pengarangnya. Ketepatan juga berlaku untuk penataan ketatabahasaan dan kelaziman cara pemakaian/ penulisan ejaan kata, pembubuhan tanda baca dan penyusunan kalimat.
● 5 Prinsip Komunikasi Efektif (The 5 inevitable laws of effective communication)
R-E-A-C-H
—Respect
—Sikap menghargai setiap individu yang menjadi sasaran pesan. Jika harus mengkritik/memarahi lakukan dengan penuh respek terhadap harga diri/kebanggaan orang lain.
—Emphaty
—Kemampuan untuk menempatkan diri kita pada situasi kondisi yang dihadapi oleh orang lain.
Audible
—Dapat didengar dan dimengerti dengan baik.
—Clarity
—Kejelasan isi pesan sehingga tidak menimbulkan multi interpretasi.
—Humble
Sikap rendah hati. Sikap melayani, menghargai, mau mendengar dan menerima kritik, tidak sombong, lemah lembut, terbuka, dan lain-lain.
● —Tahapan Perkembangan Hubungan (Relationship)
—Initiation ➜ Masih berupa penyampaian pesan.
—Exploration ➜ Sudah memustuskan apakah sesorang cocok/ nyambung.
—Intensification ➜ Mulai hubungan yang intens.
—Formalization ➜ Ada hubungan formal seperti sahabat karib, pacaran, menikah.
—Redefinition ➜ Mulai ada kontra/ konflik.
—Deterioration ➜ Hubungan melemah
Lalu bisa kembali ke tahap awal.

 

Finish. Oya, Tahapan Perkembangan Hubungan ini menarik perhatianku. Karena satu setengah tahun yang lalu sebelum mempelajari teori komunikasi ini aku sudah menuliskannya di notes Facebook-ku. Walau dengan versiku sendiri. Entah ini sajak atau puisi.

PE/PER-AN (Fenomena Manusia)

Pertemuan
Perkenalan
Percakapan
Pendekatan
Pengertian
Perjalanan
Perselisihan
Pertengkaran
Penyesalan
Penyelesaian
Pelajaran
Perpisahan
Penantian

Jatinegara, May 11th 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s