Jelajah Alam Angkatan 51 AIS/STIS

‘Young Coconut’ Team🙂

Jelajah Alam 51 merupakan jelajah alam pertama yang saya ikuti. Walau baru pertama kali namun saya optimis kalau kegiatan ini pasti sangat seru. Dan memang, hal itu sesuai dengan prediksi saya. Kesan saya mengikuti J.A. 51 sungguh luar biasa, nyaris tak ada kesan yang tidak menyenangkan. Banyak pengalaman dan pelajaran yang saya dapatkan bersama teman-teman yang sebelumnya tidak begitu saling mengenal. Namun kemudian menumbuhkan keakraban, solidaritas dan kekonyolan yang tiada tara.

Cukup menguras tenaga memang. Sejak beberapa hari sebelum keberangkatan semua sudah sibuk. Beli perlengkapan ini itu, latihan yel2 dan persembahan, sampai packing yang membingungkan karena banyak barang. Namun semua itu terbayar dengan kegembiraan selama mengikuti J.A. di Gunung Salak, Sukabumi.

Pada saat pendakian saya semakin memahami, alam sungguh banyak memberikan pelajaran dan filosopi hidup yang penuh makna kepada kita. Pendakian dalam perjalanan yang begitu jauh merupakan cermin dari perjalanan hidup ini. Untuk mencapai puncak dibutuhkan usaha, kerja keras dan semangat yang tak pernah padam. Jalan juga tak selalu mulus. Terkadang kau kesulitan mendaki. Tapi ada sahabat-sahabat terbaikmu yang selalu memberikan uluran tangannya agar kau mampu menapaki langkah selanjutnya. Juga terkadang kau terjatuh dan terluka, ada sahabat yang setia mambantumu untuk bangkit lagi dan menyembuhkan lukamu. Dan terkadang kau mulai lelah, semangatmu surut di tengah jalan. Lagi-lagi sahabat yang mengobarkan semangatmu dan menyakinkanmu, “Sebentar lagi kita akan mencapai puncak! Keberhasilan tinggal sedikit lagi! Kau pasti bisa!”

Kawah Ratu, Sukabumi :3

Rintangan demi rintangan datang, hujan dan jalanan yang berliku ibarat cobaan dalam hidup. Sampai akhirnya tujuan pun tercapai. Kau akan bersorak atas kepuasan yang susah payah kau raih. Ketika melihat ke sekelilingmu, betapa indah pemandangan dari atas sana. Itulah pucaknya! Hasil usaha dan kerja kerasmu! Dan tentu saja kau takkan dapat meraih itu sendirian. Tanpa sahabat kau bukan apa-apa di dunia ini.

Saat games juga banyak pelajaran yang didapat, melatih kekompakan dan kerja sama yang baik, membangun keberanian dan semangat untuk menang, ekspresi kegembiraan atas kemenangan, juga bagaimana kita bisa menerima kekalahan dan turut senang atas kemenangan teman lain. Sungguh semua itu pelajaran yang tak terlupakan, membuat saya semakin bisa memaknai hidup.

Pesan saya, semoga J.A. 51 menjadi unforgetable moment buat semua angkatan 51 AIS/STIS dan dapat meninggalkan jejak keakraban dan kebersamaan di hati kita semua. Semoga J.A. selanjutnya tetap ada, dan lebih baik dari J.A. sebelumnya.

Terima kasih buat kakak-kakak panitia yang sudah kerja keras dan meluangkan waktunya demi terwujudnya J.A. 51. Semoga menjadi amal yang baik di sisi Allah SWT. Buat kakak-kakak Pembimbing Kelompok yang baik hati dan dengan sabar mengayomi kami. Juga buat Kelompok 8 “Kelapa Muda”, tak terungkapkan lagi kata-kata untuk menyampaikan betapa bahagianya bersama kalian! Serta seluruh teman-teman angkatan 51.

Semoga kita selalu bersama…
SELAMANYA…..!!!

Jatinegara, July 10th 2010

Saya paling depan loh… Tebak yang mana… #fufufu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s